• SELAMAT DATANG DI TONG SAMPAH HERPOER

    Blog ini adalah coret-coret nya HerPoer yang hanya ingin sedikit berbagi mengenai apa saja tapi terutama ingin berbagi mengenai keindahan Indonesia, dan bangga menjadi anak Indonesia

  • PANTAI KUTA LOMBOK

    Mungkin orang lebih banyak mengenal bahwa pantai Kuta itu identik dengan Bali, tapi cobalah datang ke Kuta Lombok saya percaya bahwa anda akan langsung membuat perbandingan dengan Kuta Bali

  • KOTA BARU GUNUNGNYA BAMEGA

    Apakah anda pernah mengalami nikmatnya menyantap makanan di pinggir laut, dimana anda bisa melihat matahari tenggelam lalu kapal kapal yang mulai merapat di dermaga ?

  • ROCK n ROLL STAR

    Herpoer itu identik dengan jaket robek-robeknya dan dahulu punya impian menjadi Rock n Roll star

  • GILI TRAWANGAN

    Saya menyebutnya surga, karena memang keindahan tempat ini begitu memikat hati saya

  • DESA SADE REMBITAN

    Desa yang unik dengan segala hal, jika ingin menikah sang laki-laki harus menculik calon istri sampai ke bangunan rumahnya yang benar benar masih tradisional

Monday, November 19, 2012

Posted by HerPoer
2 comments | 4:35 PM
Fungsi utama kacamata hitam selain dari sisi fashion adalah memberikan proteksi yang lebih ketika kita berada di bawah terik matahari. Sinar matahari mengandung UV yang dapat membahayakan mata kita, karena bisa menyebabkan katarak ( kekeruhan pada lensa mata kita ) dan katarak masih merupakan penyebab kebutaan nomor satu lho. Nah agar tetap gaya dan aman, pilihlah kacamata hitam yang tepat. Berikut beberapa tips memilih kacamata hitam yang baik :

  1. Pilih kacamata hitam yang sesuai dengan bentuk wajah anda
  2. Pilih kacamata hitam yang terdapat sticker UV 400 dan 100% UV
  3. Jika tidak terdapat sticker UV, lihat di tangkainya apakah tertera logo CE
Kenapa sih penting sekali harus ada UV protectnya ? 

Ketika menggunakan kacamata hitam pupil kita melebar dan secara otomatis sinar lebih banyak masuk ke mata kita. Jika tidak menggunakan kacamata hitam yang mengandung UV protect bayangkan berapa banyak UV yang diserap oleh mata kita. Akumulasi UV yang menyebabkan terjadinya katarak.

Lalu jika kita memilih kacamata hitam yang ada sticker UV 400 dan 100% UV berarti mata kita dilindungi oleh kacamata hitam yang kita gunakan dari bahaya UV. Lalu ada bedanya gak UV 400 dan 100% UV ? Jawabannya tidak ada bedanya dua-duanya sam a-sama memberikan perlindungan maksimal buat mata kita dari bahaya sinar UV. Jika UV 400 mengambil dari panjang gelombang UV ( 200 - 400 nm ), 100% UV menunjukkan presentase perlindungannya.

Jika misal tidak terdapat sticker UV tersebut, bukan berarti kacamata hitam tersebut tidak ada perlindungan UV-nya. Ada satu hal lagi yang bisa kita lihat untuk menunjukkan kacamata hitam tersebut ada proteksi UV nya tidak, yaitu dengan melihat bagian sisi dalam tangkainya apakah ada tulisan CE nya atau tidak. CE khusus untuk kacamata hitam adalah standarisasi Eropa yang menunjukkan sebuah kacamata hitam mempunyai perlindungan terhadap sinar UV.

Lalu bagaimana memastikannya ? karena sticker UV hanya berupa tempelan bisa dipasang dimana saja, lalu CE juga hanya berupa semacam sablonan yang siapapun bisa membuatnya. Cara yang bisa anda lakukan adalah, minta kepada petugas optik atau toko kacamata tempat anda membeli untuk mengetes-nya dengan lensa yang berubah warna ( photochromik ). Lensa yang berubah warna diletakkan dibawah kacamata hitam anda, lalu sorot dengan UV lamp, jika lensa berubah warna tersebut menjadi gelap maka sudah dipastikan kacamata hitam tersebut tidak mempunyai perlindungan terhadap sinar UV, sebab lensa photochromic berubah menjadi gelap karena sinar UV.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk anda.

2 comments:

  1. thanks, bisa jadi rekomendasi kalo beli kacamata hitam...

    ReplyDelete
  2. Tips yang bermanfaat nih. khusus buat cewek yang lagi bingung memilih kacamata, simak ulasan saya bagaimana memilih kacamata yang baik DISINI

    ReplyDelete